Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Terbaru

Today.id- Mencari seputar Info Bimtek sangat perlu bagi aparatur pemerintah daerah, korporasi demi terwujudnya sumber daya manusia (SDM) yang profesional dalam bidangnya. Tujuan utama supaya pada diri Aparatur Sipil Negara (ASN) memiliki efektiftas, efisiensi, responsibilitas guna memberidukungan terhadap visi dan misi Kementerian dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Profesi sebagai pengawai negeri, swasta dan pelaku industri lainnya tidak menutup kemungkinan ketika menjalani tugas dan kewajiban sehari-hari akan menemui banyak problem. Terus simak ‘Info bimtek pusdiklat pemendagri’ yang kami ulas ini.

Solusi yang terbaik untuk menunjang aktifitas dan menghadapi problem tersebut salah satunya dengan mengikuti bimtek, diklat atau latihan dari pusdiklat pemendagri yang rutin diadakan setiap tahunnya, dan yang paling utama mengatahui jadwal bimtek yang akan dilaksanakan oleh Info pusdiklat pemendagri. Info bimtek pusdiklat pemendagri yang kami sajikan merupakan bimtek yang didukung oleh tenaga profesional pilihan. Oleh sebab itu tak perlu kwatir, karena mereka memiliki segudang pengalaman dan berkompeten dibidangnya.

Materi dan sasaran kegiatan Info bimtek pusdiklat pemendagri bermacam – macam. Sebelum menentukan pilihan, sebaiknya sesuaikan dengan tugas pokok Anda sebagi pegawai.

Profil singkat (Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri)

Pusdiklat Pemendagri adalah lembaga negara dibawah naungan kementrian dalam negeri (Kemendagri) yang fokus memberi pelatihan diklat, workshop, bimtek.

Selain yang disebut diatas, Info bimtek pusdiklat pemendagri juga mengadakan bimtek pengadaan barang dan jasa khusus untuk pemerintah, study banding, seminar dan in house training bagi instansi pemerintahan baik eksekutif maupun legislatif.

Visi-Misi (Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri)

VISI

  • Mencerminkan suatu keinginan dan cita-cita pada garis terdepan dalam melanjutkan perjalanan organisasi sebagai pendorong perubahan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan non formal ke jalan yang lebih baik.
  • Serta komitmen organisasi sebagai elemen penggerak atau motivator untuk menjadi semakin baik dengan bersinergi dengan elemen penggerak lainnya.

MISI

  • Mendorong peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) melalui bimbingan teknis (Bimtek), pelatihan (Diklat), sosialisasi, dan mendorong dalam peningkatan pendidikan dan pemahaman informasi.
  • Bersama-sama dengan masyarakat dan lembaga lain untuk berkontribusi pada penciptaan pemerintahan yang bersih dan berwibawa.
  • Meningkatkan kesadaran masyarakat dengan memberikan konsultasi publik tentang setiap kebijakan yang akan dilanksanakan dan mendorong munculnya inisiatif, kreativitas, dan kemandirian masyarakat serta meningkatkan sumber daya manusia melalui pelatihan.

Lokasi (Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri)

Lokasi bimtek:

  • Jakarta
    Bimtek di Jakarta yaitu di Hotel Ibis Style, di jaln Gunung Sahari 1, Kel. Mangga Dua, Sawah Besar, kota Jakarta pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 14420.
  • Yogyakarta
    Bimtek di Yogyakarta di Hotel Pesonna Malioboro, beralamat di Jlm Gadean No.3, Jalan Malioboro, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, DIY, Indonesia, 55122.
  • Batam
    Bimtek di Kota Batam di Hotel Pacific Palace yang beralamat Jln Duyung Sei, Sungaj Jodoh, Kec. Batu Ampar, Kota Batam, Kepulauan Riau, Indonesia, 29432.
  • Bali
    Bimtek di Kota Bali di Hotel Eden Kuta yang berlokasi di jalan. Kartika Plaza 42, Kuta / Tuban, Bali, Indonesia, Kuta, Badung, Provinsi Bali, Indonesia, 80361.
  • Bandung
    Bimtek di Kota Bandung di Hotel Cemerlang yang berlamat di Jln. HOS. Tjokroaminoto (PasirKaliki) No. 45, Pasirkaliki, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40171.
  • Makassar
    Bimtek di Kota Makassar di Hotel Losari Beach, beralamt di Jln. Penghibur No. 10, Makassar City Centre, Ujung Pandang, Makassar, Provinsi. Sulawesi Selatan, Indonesia, 90111.
  • Surabaya
    Bimtek di Kota Surabaya di Hotel Quest, berlokasi di Jalan Ronggolawe 27 – 29, Tegalsari,  Surabaya, provinsi Jawa Timur, Indonesia, 60264.
  • Lombok
    Bimtek di Lombok di Hotel Santosa, yang berlokasi di Jalan Raya Senggigi KM.8 , Senggigi Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Indonesia, 83355.

Untuk lokasi lain yang sulit jangkauanya tetap dilayani oleh pihak Pusdiklat Pemendagri dengan melakukan permohonan khussu ke kontak yang tersedia di situs resminya.

Materi (Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri)

Meteri bimtek keuangan

Materi keuangan untuk yaitu berhubungan dengan pengelolaan atau administrasi keuangan instansi pemerintah, swasata secara teknis, terorganisir.

Terkait dengan sinkronisasi kebijakan pemerintah (daerah) dengan pemerintah setidaknya terdapat beberapa prioritas pembangunan nasional pada tahun 2019 ini.

Inilah 5 prioritas pembagunan nasional:

  1. Pembedayaan manusia melalui pengurangan kemiskinan dan meningkatkan pelayanan dasar.
  2. Mengurangi kesenjangan antar daerah dengan memperkuat konektivitas dan kemaritiman
  3. Meningkatkan nilai tambah ekonomi melalui ndustri dan pertanian serta  jasa produktif
  4. Melestarikan lingkungan dengan pemantapan ketahanan energi, sumber daya air dan pangan.
  5. Mensukseskan pemilu dan menstabilitaskan keamanan nasional.

Materi bimtek pemerintahan daerah

Bimtek pemerintahan daerah untuk pelatihan, pengembangan kemampuan yang berhubungan dengan bidang pemerintahan daerah dengan tujuan agar pembda mampu membuat perencanaan, evaluasi, pertanggung jawaban, dan tidak melanggar undang-undang yang ada.

Berikut materi bimtek pemerintahan daerah:

  • Sosialisasi dan Penjelasan tata cara pemilihan Kepala Daerah.
  • Penyusunan program kegiatan satuan kerja perangkat Daerah (SKPD).
  • Peningkatan Pemahaman Aparatur Pemerintahan Desa Dalam Implementasi Undang-undang No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa.
  • Percepatan Persiapan Pelaksanaan Undang-Undang (UU) Desa.
  • Perencanaan Dan Evaluasi Kinerja Aparatur Pemerintahan Daerah.
  • Rencana Strategis (Rentra) pada Pelaksanaan Alokasi Dana Desa (ADD).
  • Arah Kebijakan Nasional Pembangunan Desa Dan Kawasan Perdesaan Dalam RPJMN 2015-2019.
  • Dana Desa Yang Bersumber dari APBN serta Pengelolaan Transfer ke Daerah dan Dana Desa.
  • Gerakan Pembangunan Desa Semesta (Gerakan Desa) Berbasis Kawasan Untuk Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan.
  • Harmonisasi Antar Bidang Urusan Pemerintahan Kabupaten/Kota Dengan Pemerintah Daerah Provinsi.
  • Pedoman Tata Cara Pengadaan Barang/Jasa di desa.
  • Penatausahaan Dan Pertanggungjawaban Keuangan Desa.
  • Peningkatan Kinerja Serta Tugas Camat/Lurah/Kepala Desa & Sekretaris Desa.
  • Peningkatan Tupoksi Staf Ahli Dalam Mendukung Kinerja Pemerintahan Daerah.
  • Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD).
  • Sosialisasi Pemilu Serentak 2019 Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Dengan Tema MENUJU PEMILU 2019 YANG DEMOKRATIS DAN BERMARTABAT
  • Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2017.

Materi bimtek kepegawaian

Materi bimtek kepegawaian yaitu berhubungan dengan kedudukan, kewajiban dan hak, serta pembinaan pegawai yang bebas dari intervensi politik, praktik KKN:

Berikut materi bimtek untuk pegawai:

  • Analisis Jabatan (ANJAB) Bagi Pegawai Negeri Sipil.
  • Sistem Mutasi Kepegawaian
    Standar Kompetensi Jabatan Pegawai Negeri Sipil (PNS)
    Penyusunan Analisis Beban Kerja (ABK)
    Impementasi Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) Berdasarkan PP No. 11 Tahun 2017 dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Sesuai Dengan UU RI No. 5 Tahun 2014.
  • Standar Pelayanan Penggajian dan Tunjangan Kinerja Bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS).
  • Penilaian Prestasi Kerja PNS Dan Penyusunan Sasaran Kerja Pegawai (SKP).
  • Strategi Sikap Menghadapi Masa Pra dan Pasca Pensiun dengan Meningkatan Wawasan Keterampilan Bagi ASN (Aparatur Sipil Negara).
  • Audit Kinerja Tenaga Pemeriksa Dan Aparatur Pengawasan.
  • Sistem Penilaian Kinerja, SKP, SOP dan Pengembangan Kompetensi ASN.

Materi bimtek barang dan aset

Pendidikan yang berupa bimtek barang dan aset yang diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan Kementerian berfokus pada manajemen, prosedur, dan penggunaan sumber daya regional. Otoritas lokal dalam hal ini karyawan barang dan aset harus memiliki atau menyusun rencana untuk aset dan barang menggunakan referensi sesuai ketentuan regional tentang ‘pengadaan aset’.

Untuk manajemen aset ada 3 prinsip yang harus diterapkan, yaitu:

  1. perencanaan yang memadai
  2. implementasi penggunaan aset dan kegiatan harus efektif dan efisien
  3. monitoring atau memantau implementasi dan pengadaan.

Materi bimtek pengadaan barang dan jasa (pemerintah)

Bimtek ini bertujuan mempercepat pelaksanaan belanja publik dalam rangka mencapai pembangunan yang adil. Inovasi diperlukan melalui pendidikan atau pelatihan dalam pengadaan barang / jasa publik sebagai solusi untuk pengembangan sumber daya manusia dalam pembelian item layanan, karena dukungan kerja setiap aparatur negara harus digunakan dengan benar.

Pengadaan barang atau jasa publik adalah proses memperoleh barang dan jasa dari aparatur sipil negara masing-masing, baik dari pusat maupun dari daerah yang kegiatannya mulai dari perencanaan, dari pengadaan hingga pertanggungjawaban. Mereka yang menggunakan barang dan jasa adalah aparatur negara yang diberdayakan untuk menggunakan lembaga publik yang dituntut untuk mengembangkan dan merumuskan setiap kebijakan dalam proses pengadaan barang dan jasa. Kebijakan pengadaan barang dan jasa atau disingkat LKPP. Perpres baru, nomor 16 tahun 2018, tentang pengadaan barang dan jasa sesuai ketentuan presiden 54 tahun 2010, dan sudah berlaku sejak bulan Juli 2018. Peraturan ini telah dimasukkan ke dalam Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Materi bimtek kearsipan (Pajak daerah)

Bimtek ini menitik beratkan pada pelatihan pajak daerah untuk setiap aparatur sipil negara(ASN) dibagian perpajakan. Untuk memberi kenyamana, pusdiklat pemendagri telah menyediakan fasilitas ‘VIP’ bagi para peserta demi kelancaran saat mengikuti pelatihan.

Materi bimtek Dewan Perwakilan Rakya Daerah

Materi bimtek ini fokus pada Dewan Perwakilan Daerah Provinsi / Kota (DPRD) yang memiliki peran yang sangat strategis sebagai lembaga demokratis menyatukan unsur-unsur pemerintah.

Dimulai dengan artikulasi aspirasi yang ada dalam mekanisme legislatif mendorong pemerintah daerah (Pemda) untuk membuat kebijakan publik yang berpartisipasi dan berorientaso menyejahterakan masyarakat. Untuk memantau implementasi kebijakan di bidang keberhasilan DPRD dalam menjalankan peran dan fungsinya tidak semata-mata ditentukan oleh otoritas formal yang dipegang oleh lembaga saja, tetapi kapasitas dan kompetensi setiap anggota dewan jauh lebih penting.

Materi bimtek aperatur desa

Materi bimtek desa sangat penting untuk membuat perangkat desa lebih profesional dalam melayani masyarakat dengan baik. pelatihan untuk semua pejabat desa diperlukan untuk meningkatkan keterampilan. Terutama untuk desa-desa terperncil lebih banyak membutuhkan bimbingan dalam menjalakan roda kepemerintahan.

Materi bimtek kesehatan

Bimtek kesehatan ini rumah saki atau pusat kesehatan dan semua masalah terkait kesehatan sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh sebab itu, profesional kesehatan kompeten dan mampu melayani masyarakat dengan baik. Tenaga Pembimbing Pusdiklat Pemendagri memiliki kepercayaan terhadap pendidikan atau bimbingan teknis yang kami miliki dalam pelatihan yang tujuannya adalah untuk meningkatkan kapasitas para profesional kesehatan.

Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pemendagri akan menyediakan pemateri kesehatan terbaik untuk semua topik yang telah menyediakan materi yang dapat dipilih.

Setiap perangkat di sektor perawatan kesehatan, baik di rumah sakit atau pusat kesehatan lainnya harus kompeten, karena hal tersebit terkait langsung dengan kesehatan masyarakat. Oleh sebab itu, sistem pegawai kesehatan dapat berpartisipasi dalam bimtek yang diselenggarakan oleh institusi di bawah Kementerian Dalam Negeri ini.

Akhir kata

Hanya itu yang saya dapat sajikan buat Anda. Terimakasih atas kunjungannya.

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Lainnya

Jika masih ada yang kurang dipahami tentang Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri, sebaiknya langsung mengunjungi web resmi di pusdiklatpemendagri.com

Topic:

Just For You