Komisi IV DPRD: Rumah Susun Solusi Backlog di Jawa Barat

Today.id | Bandung – Saat ini, terdapat sekitar 1,2 Juta Kepala Keluarga di Jawa Barat yang memerlukan tempat tinggal layak huni. Dalam memenuhi kebutuhan tersebut, maka Rumah Susun bisa menjadi solusi permasalahan tersebut.

Menanggapi permasalahan tersebut, Ketua Komisi IV DPRD Jabar, Imam Budi Hartono mengatakan, keberadaan Rusunawa atau rumah vertikal dibutuhkan dalam menyelesaikan masalah backlog pemenuhan kebutuhan rumah.

“Masih banyak backlog atau orang yang tinggal dirumah yang tidak layak dan Rusunawa ini solusi banget,” kata Imam dalam keterangan yang diterima jabarnews.com, Senin (28/10/2019).

Editors’ picks

    Dia menyebut, permasalahan backlog di Jawa Barat ada di kota-kota besar. Hal itu, ditandai dengan masih banyak permukiman yang kumuh dan harus ditata serta diganti dengan perumahan vertikal.

    “Karena sekarang memang sangat dianjurkan rumah-rumah vertikal supaya resapan air, ruang terbuka hijau nya bisa terpelihara,” ucapnya.

    Imam menjelaskan bahwa Rusunawa yang dibangun pemerintah harus lengkap dengan berbagai fasilitas penunjang kehidupan masyarakat seperti kesehatan, air, area publik dan lapangan olahraga.

    “Kita mendorong penuntasan raperda Rencana Pembangunan Pengembangan Perumahan dan Kawasan Permukiman (RP3KP) Tahun 2019-2039. Setelah itu dari asset-asset tanah yang nganggur di Jawa Barat segera diusulkan ke pusat untuk dibangun rusunawa,” pungkasnya. (RED)

    Topic:

    Just For You