Lifestyle

Melihat Asal Muasal Hari Ayah di Indonesia

Ilustrasi Ayah dan Anak. (Foto:Net)

Today.ID- Hari ayah di Indonesia diperingati setiap tanggal 12 November. Pada moment ini biasanya dirayakan dengan memberikan ucapan terimakasih, hadiah atau memberikan sebuah pijatan sebagai ucapan terima kasih kita kepada ayah. Ungkapan perasaan ini sangat penting, mengingat peran seorang Ayah didalam sebuah keluarga itu sangat penting dimana sebagai kepala keluarga, pelindung, teman bercerita dan juga sebagai tulang punggung keluarga.

Seperti dilansir dalam laman resminya, kemendikbud.go.id, Senin (12/11/18), perayaan Hari Ayah berawal dari prakarsa paguyuban suatu hati, lintas agama, juga budaya tahun 2006 silam, bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).

Deklarasi Hari Ayah pada 12 November 2006 digelar di Pendapi Gede Balai Kota Solo, Jawa Tengah. Namun, peringatan Hari Ayah di kancah dunia sebenarnya sudah dimulai sejak abad ke-12 di 75 negara.

Beberapa negara di antaranya adalah Amerika Serikat, Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Turki, Pakistan, Malaysia, Singapura, Taiwan, Filipina, dan Hong Kong yang merayakan setiap pekan ke-3 dibulan Juni. Sementara Hari Ayah di negara lain dirayakan di waktu yang berbeda. Korea Selatan setiap 8 Mei, Serbia 6 Januari, sementara beberapa negara di Eropa dan Timur Tengah di tanggal 19 November. (Red)

Sumber dikutip dari www.Liputan6.com

Today.ID merupakan sebuah portal berita online yang menyuguhkan informasi ekonomi, bisnis, dan politik terkini.

Copyright © 2018 Today.id - PT Jabar Media Net(work)

To Top