Inilah Objek Wisata Di Maldives Van Java

Today.id | Jakarta – Maldives negara kepulauan yang terletak di barat daya Sri Lanka itu memang memiliki pesona bahari yang luar biasa. Lautnya nan bening dan dipadu dengan penginapan yang nyaman, menempatkan kepulauan tersebut sebagai salah satu destinasi yang kerap diimpikan banyak wisatawan. Hanya saja, butuh biaya yang cukup banyak untuk pergi berlibur ke sana. Jakarta juga memiliki ‘Maldives’ yaitu Kepulauan Seribu. Bahkan, ada yang menjulukinya sebagai Maldives van Java atau Maldives dari Pulau Jawa.

Karena lokasinya dekat dari ibukota dengan harga yang terjangkau, maka  Kepulauan Seribu masuk dalam salah satu prioritas pengembangan wisata oleh pemerintah. lewat program Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), Kepulauan Seribu ditargetkan menjadi wisata kelas dunia, sejajar dengan Pulau Dewata Bali.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan beberapa program seperti pembinaan dan pengembangan infrastruktur pemukiman dengan penataan sanitasi di Kepulauan Seribu dengan tujuan  meningkatkan devisa negara serta peningkatan pendapatan dan pemberdayaan masyarakat lokal.

Program tersebut meliputi  pengembangan daerah penyangga di KSPN Kepulauan Seribu yang berada di dua lokasi  yakni Pulau Tidung dan Pulau Untung Jawa, pengembangan  drainase kawasan pemukiman, persampahan, serta pembangunan  infrastruktur air limbah pada kawasan di kepulauan, seperti toilet wisata, MCK Komunal bertaraf internasional, serta TPS 3R (Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle).

Kepulauan Seribu juga memiliki fasilitas pendukung lainnya seperti arena bermain untuk anak dan permainan watersport seperti jet ski, banana boat, donut boat, canoe. Selain itu, ada juga arena memancing, voli pantai, futsal, kolam renang, tenis meja, lapangan basket, lapangan tenis, bersepeda, dan fasilitas lainnya.

Bagi wisatawan yang hendak berlibur ke Kepulauan Seribu, dapat diakses melalui pelabuhan yang berada di beberapa lokasi di utara Jakarta, seperti Dermaga Marina Ancol dengan menggunakan kapal cepat (speedboat). Sementara, untuk menggunakan kapal milik PT. Pelni, keberangkatannya melalui Pelabuhan Sunda Kelapa. Sedangkan bagi yang ingin mengunakan kapal kayu tradisional dengan harga yang lebih terjangkau, dapat melalui Pelabuhan Kali Adem di Muara Angke. (**)

Sumber : kiprah.pu.go.id

Topic:

Just For You