Industry

Tol Salatiga-Kartasura Akan Dioperasionalkan Desember 2018

Gerbang Tol Salatiga, Semarang. (Foto: Net)

Today.ID – Pembangunan Jalan Tol Semarang-Solo sering disebut juga Salatiga-Kartasura ditargetkan akan selesai pada akhir November ini. Rencananya ruas Tol sepanjang 32 kilometer (Km) ini akan dioprasionalkan pada Desember 2018.

Direktur Utama PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) David Wijayanto mengatakan, pengerjaan Jalan Tol Salatiga-Kartasura, termasuk Jembatan Kali Kenteng yang berada di Desa Koripan, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang, sudah tahap akhir.

“Pengerjaan konstruksi jembatan Kali Kenteng selesai akhir November ini. Kami optimis ruas tol Salatiga bisa diserahkan Kepada PT Trans Mega Jateng (TMJ) selaku pemilik hak konsesi atas jalan tol pada Desember 2018 untuk dioperasionalkan,” Katanya dikutip dari okezone.com

Menurut beliau, Jembatan Kali Kenteng ini adalah ikon dari Tol Salatiga-Kartasura. Karena material konstruksi Jembatan dibangun untuk tahan dari gempa dengan siklus 1000 tahun.
“ini dilakukan untuk mengurangi resiko bencana terhadap jembatan dengan ketinggian 39,5 meter dan panjang 495 meter itu,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan, pembangunan Jalan Tol Salatiga-Kartasura ditargetkan selesai akhir November dan akan dioperasionalkan untuk umum sebelum pekan ketiga Desember 2018. Selama dibuka Hingga akhir Desember, pengguna jalam tidak akan dikenai Tarif alias gratis.

Sebelum ruas Tol Salatiga-Kartasura dioperasionalkan akan dilakukan uji beban dan kelayakan jalan. Setelah itu, jalan tol akan dibuka untuk umum.

“Mudah-mudahan pada arus mudik Natal 2018 dan tahun baru 2019 Tol Salatiga-Kartasura sudah bisa dioperasionalkan. Operasional hingga akhir Desember akan digratiskan.Pengguna baru akan dikenakan tarif Januari 2019,” ujarnya. (Red)

Sumber berita dikutip dari Okezone.com

Today.ID merupakan sebuah portal berita online yang menyuguhkan informasi ekonomi, bisnis, dan politik terkini.

Copyright © 2018 Today.id - PT Jabar Media Net(work)

To Top