Uu Ruhzanul Ulum: Tidak ada Alasan Untuk Tidak Cinta Tanah Air

Today.id | Bandung – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruhzanul Ulum menghadiri Upacara Peringatan ke-70 Hari Bela Negara di Gedung Sate Bandung, Rabu (19/12/2018).

Dalam sambutannya, Uu mengatakan jika orang beragama terlebih seorang Muslim, membela negara merupakan ciri dari hubbul wathon minal iman yang artinya cinta Tanah Air sebagian dari iman.

“Hal ini jangan dianggap orang yang membela negara bukan orang religi,” kata Uu usai menghadiri Upacara Peringatan ke-70 Hari Bela Negara di Gedung Sate Bandung, Rabu (19/12/2018).

Menurutnya, Nabi Muhammad saat hijrah ke Madinah, doa yang pertama dipanjatkan yakni memohon untuk diberikan rasa cinta Tanah Air.

“Ya Allah berikan rasa cinta kami ke tanah Madinah seperti rasa cinta kami ke tanah Makkah, doa nasionalis, doa religius artinya orang yang religius pasti orang yang bela negara, sebagai umat Islam wajib bela negara,” kata Uu.

Bahkan uu mengutip yang perkataan Presiden Indonesia ke-4, Abdurahman Wahid atau Gus Dur. “Gus Dur sebagai pada waktu itu berbicara membela negara Indonesia hukumnya wajib karena sama dengan membela umat Islam karena Indonesia mayoritas umat Islam,” ungkap Uu.

Sehingga, Uu menegaskan tidak ada alasan lagi untuk tidak cinta Tanah Air, meskipun demikian saat ini terkadang konsep cinta bela negara salah tafsir. Menurutnya, cinta Tanah Air tidak berarti menyalahkan yang lain, memusuhi yang lain.

“Tadi saja pidato presiden yang dibacakan gubernur menyatakan banyak orang yang bukan guru tapi mengajar, banyak orang yang bukan ahli kesehatan tapi kesehatannya terjaga,” pungkasnya. (Mil)

Topic:

Just For You