Waspadalah, Ekonomi Global Masih Penuh Ketidakpastian

Today.com | Jakarta – Risiko ketidakpastian pasar keuangan global sedikit mereda meskipun masih tinggi. Meredanya ketidakpastian pasar keuangan global sejalan dengan perkiraan menurunnya kecepatan kenaikan bunga acuan AS.

Fed Fund Rate atau suku bunga acuan yang dikeluarkan bank sentral AS terlihat dari keputusan rapat terakhir dewan gubernur yang mempertimbangkan prospek pertumbuhan ekonomi AS lebih rendah di 2019. Sementara, tekanan inflasi AS menurun sejalan dengan masih menurunnya harga minyak.

Demikian Hasil Tinjauan Kebijakan Moneter (TKM) Januari 2019 yang Dirilis Bank Indonesia seperti dikutip, Sabtu (19/1/2019).

“Sejalan dengan hal tersebut, sejumlah bank sentral diprakirakan akan kembali melakukan penyesuaian kebijakan moneter di 2019, meskipun tidak seketat perkiraan sebelumnya,” tulis BI.

Meredanya ketidakpastian pasar keuangan global memberikan pengaruh kepada menurunnya ketidakpastian dan risiko di negara berkembang sehingga mempengaruhi aliran modal ke negara berkembang.

“Kondisi tersebut tercermin dari aliran modal di negara berkembang pada Januari 2019 yang mencatatkan capital inflow dan diprakirakan akan terus meningkat,” demikian penjelasan BI.

Kondisi tersebut, menurut bank sentral juga diiringi dengan perpindahan aliran modal yang cukup signifikan dari negara maju sejalan dengan prospek ekonomi negara maju yang diperkirakan melambat pada 2019.

Topic:

Just For You