IDE Indonesia: Menteri dan Wamen Harus Bantu Jalankan Visi Misi Presiden

Today.id | Jakarta – Kini anggota Kabinet Indonesia Maju (KIM) telah utuh dengan dilantiknya Menteri dan Wakil Menteri (Wamen) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Para Menteri dan Wamen dituntut untuk membantu Presiden dan memimpin kementerian serta mengarahkan jalan pembangunan negara Indonesia.

Direktur Eksekutif Institute of Democracy and Education (IDE Indonesia), Gugun Gumilar mengatakan para Menteri dan Wamen yang baru saja dilantik harus membuat sebuah terobosan dalam pembangunan negeri dengan prestasi.

Menurut Gugun, seluruh jajaran KIM sepatutnya aspiratif. Negara membutuhkan pembantu Presiden yang pandai merumuskan solusi permasalahan bangsa ke depan.

“Menteri di bidang masing-masing harus visioner. Mampu membawa perubahan di kementerian dan mampu menjalankan visi misi Presiden dan Wakil Presiden,” kata Gugun dikutip dari laman Beritasatu.com, Sabtu (26/10/2019).

Gugun menyatakan, publik tentu berharap agar para menteri dan wamen dapat berdiri di atas kepentingan semua pihak dan golongan.

“Hilangkan ego partai, kesukuan, agama dan ras,” ucapnya.

Dia menambahkan, setiap program yang dijalankan harus selalu dievakuasi perkembangannya. Sebab, lanjut Gugun, tanpa ada evaluasi dari Presiden dan Wakil Presiden, maka arah visi misi Indonesia nantinya tidak akan sesuai dengan rencana pembangunan Indonesia masa depan.

“Kuncinya terletak pada kemampuan leadership atau kepemimpinan di para menteri. Kepemimpinan yang baik akan menjadi penyatu dan pemberdayaan dari segala potensi yang ada, baik potensi SDM maupun skills. Kepemimpinan yang baik juga akan menjadi pemandu bagi arah perjalanan bangsa,” jelasnya.

Gugun berharap, pemerintahan ini mengutamakan pencapaian prestasi untuk meningkatkan modal sember daya manusia, karena dalam dunia modern, tidak lagi keunggulan komparatif menjadi modal utama untuk bersaing.

“Indonesia adalah salah satu negara emerging country yang diramalkan memiliki prospek yang bagus jika mulai hari ini kita tata dengan rapi dalam segala aspek pembangunan.” pungkasnya. (RED)

Topic:

Just For You