Gak Nyangka! Ini Sederet Manfaat Buah Duku

Buah duku memiliki kandungan vitamin D serta fosfor yang tinggi

Chief Editor
Selasa, 30 Juni 2020
Buah Duku. (Foto: Net)

Today.id | BANDUNG - Buah duku memiliki nama latin Lansium Parasiticum. Buah ini termasuk spesies pohon dalam keluarga Mahoni. Asal dari jenis buah ini adalah Asia Tenggara. Tidak hanya dikenal memiliki rasa yang menyegarkan, siapa yang sangka bahwa manfaat buah duku ternyata juga baik untuk kesehatan.

Buah duku memiliki kandungan vitamin D serta fosfor yang tinggi sehingga mampu menghindari adanya gigi keropos serta berlubang. Dengan kandungannya tersebut, buah duku tergolong buah yang tidak hanya menjaga kesehatan gigi, tetapi juga menjaga kesehatan tulang agar tidak terkena penyakit osteoporosis.

Walau berbentuk bulat kecil dan isi berwarna putih ini ternyata memiliki banyak khasiat yang sangat berguna bagi tubuh. Ibarat kata orang kecil-kecil cabe rawit. Nah berikut ini sederet manfaat dari buah duku.

1. Menjaga kesehatan mulut dan gigi. Selain dengan rajin menggosok gigi, dengan mengonsumsi buah duku dipercaya mampu menjaga kesehatan mulut dan gigi. Selain itu buah duku juga diyakini dapat mengobati permasalahan mulut lain seperti gusi berdarah, sariawan, dan bau napas. Hal ini dikarenakan buah duku mengandung vitamin C dan vitamin D yang cukup tinggi. 

2. Menjaga kesehatan jantung. Ternyata tidak hanya jeruk yang kaya akan vicamin C. Buah duku ini juga punya kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Sehingga dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung dan menyehatkan pembuluh darah. Vitamin C yang tinggi dapat berperan mencegah risiko penyakit serangan jantung.

3. Mengobati Penderita Diabetes. Bagi kamu yang punya riwayat diabetes, duku bisa menjadi suatu pilihan pengobatan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa adanya senyawa alami dalam buah duku. Di mana senyawa alami tersebut dapat menurunkan kadar glukosa darah, sehingga dapat mengontrol kadar gula darah.

4. Menurunkan berat badan. Tak ketinggalan buah yang satu ini juga mengandung serat yang tinggi. Sehingga saat mengonsumsi buah ini kamu akan merasa kenyang lebih lama. Buah ini sangat cocok dijadikan menu saat kamu sedang menjalani program diet.  (Red)


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR